Wednesday, October 26, 2016

Modifikasi Suzuki Thunder 125 : Perencanaan

Mengumpulkan Ide/Ispirasi dan Penentuan Konsep Modifikasi Suzuki Thunder 125

Suzuki Thunder 125 adalah sepeda motor pertama saya yang saya beli menggunakan uang sendiri hasil dari bekerja sebagai kuli pabrik setelah lulus sekolah. Dulu saya beli seharga 10 juta-an rupiah dalam kondisi bekas dan sudah dimodif ala anak alay yang menjengkelkan. Walau kondisinya sudah banyak perubahan yang gayanya tidak sesuai dengan style saya, tapi tetap saya beli karena waktu itu saya butuh motor dengan tipe sport (motor laki/lanang), harga murah, tahun muda, dan irit BBM. Kenapa harus motor sport irit BBM? Pertama karena saat itu saya ingin belajar pake kopling manual dan sebelumnya belum pernah nyoba motor laki. hehehe... Selain itu karena akan saya pakai untuk kuliah, jaraknya cukup jauh sehingga harus irit BBM. Pilihannya waktu itu hanya ada Honda GL MAX Neotech dan Suzuki Thunder 125 yang sama-sama 125cc. Sebenarnya pilihan utamana GL MAX Neotech tapi di daerah saya sepertinya jarang yang jual.

Sebenarnya sudah lama saya ingin sedikit mengubah penampilan motor saya ini. Tapi selama ini hanya sebatas wacana. hehehe... Dulu pernah dimodif jadi double seat, buntut belakang meruncing dengan lampu belakang CBR dan dibikin agak nungging. Tapi hasilnya kurang rapi dan memalukan karena masih pake double shock belakang walau body sudah seperti motor sport modern.

Modifikasi Suzuki Thunder 125 sport
Suzuki Thunder 125-ku dulu yang saya modifikasi sendiri. Foto tahun 2009.

Beberapa tahun kemudian saya balikin ke standard-nya. Setelah selesai kuliah motor ini jarang dipakai dan dibiarkan nganggur berdebu di garasi rumah serta kondisi mesin tidak prima/sudah saatnya overhaul.

Suzuki Thunder 125 standar
Dikembalikan ke bentuk standar sekitar tahun 2011/2012

Daripada dibiarkan berdebu dan karatan, saya putuskan untuk membangun ulang dan memodifikasi motor Suzuki Thunder 125 ini agar layak pakai kembali. Setidaknya lebih indah dilihat dan bisa jadi pajangan. Mungkin mulai dengan modifikasi tangki dan body terlebih dahulu, baru kemudian perbaikan mesin dan penyesuainya kaki-kaki.

Motor Thunder 125 Faqih
Kondisi motor Suzuki Thunder 125 saya sekarang (2016) yang cukup memprihatinkan.

Mencari Inspirasi Modif Thunder 125

Untuk mendapatkan ide modifikasi Suzuki Thunder 125, saya telah browsing gambar-gambar moge standar dan motor sport yang telah dimodifikasi. Hasilnya, banyak sepeda motor besar dan modified motorcycles yang menarik serta menginspirasi saya tapi kebanyakan bukan Thunder 125.

Ide Modifikasi Suzuki Thunder 125 Japstyle Classic
Gambar berbagai motor keren untuk dijadikan ide/inspirasi modifikasi Thunder 125 bergaya klasik modern. 

Mengingat Thunder adalah salah satu sepeda motor yang diproduksi di era transisi, maksud saya perpindahan dari klasik ke modern, maka desainnya tidak terlalu klasik dan tidak terlalu modern. Bisa dilihat dari desain rangkanya yang masih seperti motor-motor jadul, shockbreaker belakang double tapi dibalut dengan body plastik, tangki besar dan posisi duduk agak menunduk sehingga lebih sporty seperti motor-motor sport sekarang.

Kalau melihat dari model rangkanya, maka saya pikir akan lebih mudah untuk memodifikasi Thunder menjadi lebih klasik. Dan kebetulan akhir-akhir ini saya tertarik dengan konsep modifikasi klasik seperti Japstyle, cafe racer tapi tanpa buntut tawon, dll. Modif seperti ini saya rasa lebih simple dan bisa saya lakukan sendiri. Serta tidak perlu repot merubahnya menjadi monoshock.

Setelah berselancar di internet, saya menemukan gambar motor besar yang cukup menarik untuk saya. Yaitu Honda CB1100. Ya, motor dengan gaya klasik tapi bermesin gahar 4 silinder :)

Menentukan Konsep Modifikasi Thunder 125

Singkat saja, dengan berbagai pertimbangan akhirnya saya memutuskan untuk memodifikasi motor Thunder 125 saya menjadi seperti moge Honda CB1100. Alasannya sebagai berikut:
  • Postur kedua motor ini mirip
  • Tangkinya besar. saya suka yang besar :D
  • Desain rangka khususnya bagian belakang Honda CB1100 mirip dengan Thunder 125. Yang membedakan hanya pada rangka penopang mesin karena mesin CB1100 lebih besar tentunya.
  • Perbedaan yang paling terlihat sekilas hanya pada desain tangki, slebor, stoplam, jok dan bagian belakang.
  • Desain sederhana

Begitulah rencana modifikasi motor Suzuki Thunder 125 saya. Semoga bisa tercapai. Berhubung ini bukan projek yang harus cepat selesai dan hanya sekedar hobi untuk mengisi waktu luang, jadi pengerjaannya sedikit demi sedikit saja sambil mengumpulkan bahan, alat dan dana. hehehe...



Do you want to share?

Do you like this story?

No comments:

Post a Comment