Thursday, March 26, 2015

Mobil Pertama Saya, Suzuki Forsa GLX

Alhamdulillah, kesampaian juga keinginan untuk punya mobil sendiri. Setelah sekian lama menabung, dan begadang di depan laptop tiap malam hanya untuk mencari $_$.

Kemarin hari Rabu, tanggal 25 Maret 2015 bisa bawa pulang mobil pertama saya, Suzuki Forsa GLX 1989. ^_^ Walaupun motuba (mobil tua bagus/bekas) yang usianya hanya selisih beberapa bulan dengan saya. hehehe... tapi lumayan lah biar gak kehujanan dan kepanasan kalau perjalanan jauh. Awalnya penginnya sih cari Suzuki Katana, tapi pas lihat tabungan kok...?? Masih jauh untuk bisa menebus Katana. Selalu ada aja keperluan lain, buat modal juga. Akhirnya, target diturunkan, cari Forsa GLX aja deh.

Pengalaman Berburu Mobil Bekas (Motuba / Mobil Tua Bangka Bagus)

Sekedar berbagi pengalaman berburu mobil bekas. Ternyata proses untuk mendapatkan mobil bekas layak pakai itu tidak mudah ya... Butuh kesabaran extra. Namanya juga cari mobil bekas, nggak seperti beli mobil baru, tinggal pilih mobil, pergi ke dealer, pilih warna, bayar, bawa pulang. Kalau beli mobil bekas, berdasarkan pengalaman saya setelah sekian lama menunggu dana cukup, harus browsing sana-sini di berbagai situs di internet seperti online forum dan situs iklan (OLX dll), mantengin iklan terbaru yang masuk tiap hari, mencari lokasi penjual. Terkadang ada yang nawarin mobil tapi lokasi penjualnya sangat jauh dari tempat tinggal, bakalan repot kalau bolak balik untuk cek kondisi mobil. Ya kalau sudah hafal wilayah penjual atau rutenya bisa ditemukan di peta/google maps bisa lebih mudah, kalau nggak, bisa ngubek-ubek satu kota. Atau juga ada mobil yang murah dan kelihatannya bagus tapi asal kota plat nomernya terlalu jauh, misalnya plat B, L atau malah luar pulau sementara saya tinggal di wilayah Kedu, kemungkinan akan merepotkan saat bayar pajak atau balik nama mengingat proses cabut berkas/mutasi dan balik nama harus nunggu beberapa hari. Setelah ngecek kondisi mobil, belum tentu bisa langsung cocok. Kadang kondisi mobil tak sesuai ekspektasi. Ya gitu deh, terkadang foto & deskripsi iklan yang ditampilkan di website iklan tidak sesuai dengan aslinya. Ini semua benar-benar mengetes kesabaran agar jangan sampai beli hanya karena emosi pengin buru-buru punya mobil impian, sehingga tidak menyesal nantinya.

Singkat cerita, setelah melalui proses ini itu, akhirnya deal saya beli Suzuki Forsa GLX second di Jogja. Harganya mungkin seharga motor New Vixion Lighting. Kondisinya mobilnya, sebagai berikut:
  • Mobil dalam kondisi bekas pastinya. :P
  • Surat-surat kendaraan lengkap (BPKB & STNK + Faktur, foto copy pemilik sebelumnya, kwitansi kosong dengan tanda tangan pemilik sebelumnya.

Kelebihan:
  • Body luar masih lumayan
  • Cat masih lumayan
  • Interior masih lumayan rapi tapi perlu dirapikan
  • AC hidup
  • Velg Racing
  • Kelistrikan masih berfungsi termasuk Power Window dan Electric Mirror
  • Mesin masih bandel. tapi kok tadi pagi agak ngebul ya?

Kekurangan:
  • Keropos di bagian lantai, sepertinya ada banyak dan sangat perlu perbaikan (las)
  • Dinamo starter perlu diservis
  • Ban belakang ada yang tertusuk paku, tapi dibiarin aja soalnya tidak kempes
  • Lampu belakang sebelah kiri mati
  • Kemarin lewat jalanan yang rusak parah, ada bunyi-bunyi agak berisik

Pengalaman Pertama Kali Nyetir Sendiri

Selain mendapatkan mobil pertama, ternyata kemarin adalah pertama kali saya nyetir mobil sendiri tanpa didampingi orang lain. hehehe... Sebenarnya, saya baru bisa nyetir. Dulu di sekolah pernah diajarin sekali tapi lupa kayaknya. Mana ada belajar sekali langsung lancar -_- . Nah, kemudian bulan Februari kemarin saya ikut kursus stir mobil 6 kali pertemuan (1 jam setiap pertemuan atau total 6 jam) selalu ditemani instruktur, dan praktek langsung di jalan raya tanpa teori di kelas. Masih belum lancar, kalau pas berhenti dan mulai jalan di tanjakan masih kagok, parkir juga. Kemarin pas beli juga gayanya mau test drive, tapi malah bahaya, soalnya baru mau jalan, jalannya sudah nanjak, belum terbiasa main kopling kaki, walaupun tiap hari sepeda motornya pakai kopling tapi di tangan. Mungkin bapak penjualnya berfikir, ini anak mau beli mobil tapi belum bisa nyetir -_- . Akhirnya yang nyetir pak Penjual, saya cuman duduk di sampingnya.

Saat bawa pulang, pak Penjualnya nganterin mobilnya sampai pasar Gamping, soalnya aku juga khawatir kalau di dalam kota rame banget dan lampu merahnya banyak. hehehe... Tapi setelah pasar Gamping saya nyetir sendiri sampai rumah. Lumayan lancar kalau sudah jalan, cuma... sempat bingung pas mau nyalain lampu malam, stiknya beda sama Avanza yg saya pake buat belajar. Sempat mesinnya masti di lampu merah, ya itu karena belum terbiasa cara lepas kopling pas mulai jalan. Pas pindah gigi perneling juga kadang masih kasar. duhh... ndeso banget aku ini, perlu banyak latihan nyetir lagi nih untuk membiasakan diri. Alhamdulillah bisa sampai rumah dengan selamat. :D

Sekian ceritaku kali ini.
*Entah kenapa motor pertama saya Suzuki, mobil pertama pun Suzuki, dan ada hal 1 lagi yang berhubungan dengan Suzuki, padahal saya bukan Fans Berat Suzuki.  -_-   ^_-

Do you want to share?

Do you like this story?

No comments:

Post a Comment