Wednesday, April 27, 2016

Format Iklan Baru Adsense: Page-level ads

Hari ini muncul notifikasi di dashboard akun Google Adsense saya mengenai pengenalan Page-level ads. Ini merupakan family format iklan Google Adsense baru yang menawarkan cara baru dan inovatif untuk monetasi konten situs yang mobile friendly. Formatnya seperti iklan yang sering kita lihat di aplikasi mobile. Publisher hanya perlu menyisipkan kode Adsense Page-level ads yang sama untuk setiap halaman website dimana iklan akan ditampilkan. Setelah kode terpasang, AdSense akan secara otomatis menampilkan Page-level ads hanya saat iklan diperkirakan akan perform maksimal dan memberikan user experience yang baik.

Ada 2 tipe AdSense Page-level Ads:

Google AdSense Page-level ads
  1. Anchor/overlay ads : Iklan mobile yang menempel di tepi/bawah layar mobile device.
  2. Vignette ads : Iklan satu layar penuh pada mobile device yang muncul di antara page loads dan dapat dengan mudah dihentikan/di-skip oleh pengguna atau pengunjung situs. Iklan format ini ditampilkan ketika pengguna/pengunjung situs meninggalkan halaman, bukan ketika mereka datang, sehingga pengguna tidak harus menunggu iklan dimuat.

Kesimpulan Tentang Page-level ads

Singkatnya, berikut kesimpulan yang saya dapat setelah membaca keterangan tentang Adsense Page-level ads:
  • Page-level ads hanya melayani pada halaman website yang telah dioptimalkan untuk seluler (mobile-optimized webpages) dan high-end mobile devices.
  • Tidak dihitung dalam batas 3 iklan per halaman.
  • Ditampilkan oleh AdSense pada waktu-waktu optimal untuk membantu meningkatkan penghasilan dan memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna.
  • Untuk Vignette ads jumlahnya dibatasi agar tidak mengganggu pengunjung website.
  • Penempatan kode bisa di dalam tag atau di bagian atas , pada halaman yang akan dipasangi iklan.

AdSense Page-level ads ini masih dalam versi BETA. Saya juga baru mulai hari ini coba pasang di beberapa websites. Tapi, seingat saya dulu sering menjumpai iklan Adsense dengan format Overlay ads muncul dengan sendirinya di salah satu blog saya pada halaman untuk mobile padahal saya hanya pasang kode iklan biasa. Mungkin saat itu sedang experiment.

Bagaimana performa Page-level ads ini nantinya? Semoga saja baik. Melihat semakin banyaknya visitors yang menggunakan perangkat mobile, saya sih optimis :) . How about you? Apakah sudah mencoba format iklan baru ini?

Do you want to share?

Do you like this story?

No comments:

Post a Comment