Sunday, February 7, 2016

Mengecek Proses Propagasi DNS

Memantau Proses Propagasi DNS di Berbagai Belahan Dunia Melalui Situs DNS Propagation Checker

Apakah Anda baru saja beli domain, membuat website baru atau pindah web hosting? Tentunya akan berurusan dengan Domain Name Server (DNS) dan propagation time. Bagi yang belum tahu, setahu saya secara gampangnya arti dari DNS propagation atau Propagasi DNS adalah waktu yang diperlukan untuk memperbaharui catatan data Name Server dan alamat IP Tujuan pada semua komputer/ISP/routers/perangkat yang terkoneksi dengan internet. Setelah kita mengupdate Nameservers dan DNS host records, situs kita tidak langsung begitus saja bisa diakses dari seluruh dunia. Bisa jadi cepat, tapi normalnya membutuhkan waktu sampai 24 jam (pada rare case bahkan bisa lebih lama) untuk ISP lokal mengupdate DNS cache mereka sehingga semua orang bisa melihat website kita dari seluruh belahan dunia.

Masalahnya, kalau saya terkadang nggak sabar ingin memastikan apakah setting DNS-nya sudah benar dan website/blog bekerja secara normal atau tidak. Apalagi kalau nggak bisa mengakses domain website sendiri karena propagasi DNS di sisi kita terasa lama. Serta pengin tahu apakah website kita sudah bisa diakses di negara/belahan dunia lain atau belum. Oleh karena itu, saya cari cara mengetahui apakah propagasi situs sudah selesai (propagated) atau belum. Dan akhirnya ketemu juga.

DNS Propagation Checker
Mengecek Propagasi DNS

DNS Propagation Checker, online tools yang memungkinkan kita untuk memeriksa keadaan saat propagasi DNS setelah membuat perubahan DNS zone records pada domain kita. Ada banyak situs DNS checker yang bisa dipakai untuk memantau proses propagasi DNS, diantaranya dnscheckerDOTorg, whatsmydnsDOTnet dan propagatedyetDOTcom.

Melalui situs dnscheckerDOTorg dan whatsmydnsDOTnet kita bisa lihat bagaimana DNS records website/blog kita tercatat di ISPs di berbagai negara di dunia. Misalnya di Mountain View CA, United States sudah terupdate atau situs kita sudah bisa diakses tapi ternyata di Kuala Lumpur, Malaysia belum.

Cara menggunakan DNS Propagation Checker mudah, tinggal masukin nama domain/subdomain, serta pilih opsi A record, NS, CNAME atau lainnya sesuai yang ingin dicek kemudian klik search. Bakalan muncul deh hasilnya.
Semoga sedikit informasi mengenai tips cara mengecek proses propagasi DNS di atas bisa bermanfaat.

Do you want to share?

Do you like this story?

No comments:

Post a Comment